VISI MISI DINAS PEKERJAAN UMUM KABUPATEN WONOGIRI

 

Rencana strategis adalah suatu proses yang berorientasi pada hasil yang ingin dicapai selama kurun waktu satu sampai lima tahun dengan memperhitungkan potensi, peluang, tantangan dan hambatan yang timbul.Untuk mewujudkan Renstra tentu perlu adanya Visi dan Misi yang rasional. Untuk itu Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Wonogiri telah menetapkan visi dan misi, sebagai berikut:

Visi Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Wonogiri adalah : “Mewujudkan Infrastruktur handal” Visi tersebut mengandung makna sebagai berikut bahwa pada hakikatnya pembangunan infrastruktur bidang pekerjaan umum diarahkan untuk membuka akses – akses perekonomian yang vital untuk menggerakkan roda perekonomian daerah sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dan terbukanya akses daerah untuk mengembangkan wilayah, yang pada akhirnya bertujuan demi terwujudnya kehidupan masyarakat yang berkualitas dan bebas dari kemiskinan.

Pembangunan wilayah (regional development) merupakan upaya untuk memacu perkembangan sosial ekonomi, mengurangi kesenjangan antara wilayah dan menjaga kelestarian lingkungan hidup pada suatu wilayah. Pengembangan wilayah harus disesuaikan dengan kondisi, potensi dan permasalahan wilayah bersangkutan (ambardi et at ed, 2002;47)

Menurut definisinya, misi adalah cara atau jalan untuk mewujudkan visi. Untuk mencapai visi tersebut, Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Wonogiri menetapkan misi yaitu :

  1. Meningkatkan aksesbilitas wilayah dengan penyediaan infrastruktur jalan dan jembatan serta ketersediaan air baku melalui penyediaan jaringan irigasi.
  2. Meningkatkan tata kelola bangunan dan lingkungan yang sehat melalui penyediaan infrastruktur air bersih dan sanitasi.